PENGGUNAAN LKS BERBASIS INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Abstract
Keterampilan proses sains adalah perangkat kemampuan kompleks yang biasa digunakan oleh para ilmuan dalam melakukan penyelidikan ilmiah ke dalam rangkaian
proses pembelajaran. Keterampilan proses sains sangat penting bagi setiap siswa sebagai bekal untuk melakukan penyelidikan ilmiah. Adapun tujuan penelitian ini
dilakukan untuk Menganalisis keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan LKS berbasis Inquiry Training dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan
dengan pembelajaran berbasis konvensional‖. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pretes posttest control group desaign.Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan LKS berbasis Inquiry Training sedangkan variabel
teriket yaitu keterampilan proses sains. Teknik pengembalian sampel purvosive sampling. Penelitian dilakukan MTs. Alwashliyah UMN Medan, instrumen dalam
penelitian ini terdiri dari tes keterampilan proess sains dianalis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh cendrung lebih baik siswa yang dibelajarkan
dengan menggunakan LKS berbasis Inquiry Training dibandingan dengan pembelajaran yang menggunakan pembelajaran konvensional.