PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatan pembelajaran
matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
lebih baik dari pada yang diajar dengan pendekatan konvensional (PK). Penelitian ini
merupakan quasi eksperimen. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII MTs Nurul Hakim.
Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu PMR dan PK, sedangkan
variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengambilan
sampel adalah purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan
pemecahan masalah. Analisis data menggunakan ANAVA dua. Berdasarkan hasil
perhitungan menggunakan Anava dua jalur yaitu 1) pengaruh pendekatan PMR terhadap
kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik dari pada menggunakan PK yaitu
0,00<0,05.