PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA BERBASIS MINAT BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR

  • Samsul Bahri, Darwin Surbakti, Sujarwo UMN Al Washliyah
Keywords: minat, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

 Kegiatan yang dilakukan peserta didik dikelas sangat memerlukan kesiapan diri. Salah satu bentuk kesiapan diri sebagaimana dimaksud tercermin dalam
semangat belajar peserta didik agar tidak sampai tertinggal dalam mengikuti dan menerima informasi perkuliahan.Sebab, satu kali saja peserta didik tertinggal
mengikuti dan menerima informasi perkuliahanakan mengakibatkan banyak hal yang mungkin saja dapat terjadi seperti peserta didik mulai enggan menulis,
enggan mendengarkan dan sebagainya. Semangat inilah yang membuat peserta didik memiliki minat untuk terus belajar dan menerima informasi.Dengan adanya
minat yang dimiliki peserta didik kehadiran dalam mengikuti perkuliahan akan terjaga dan akan memberikan dampak yang besar terhadap keberhasilan. Dengan
demikian, aktivitas peserta didik dalam mengikuti perkuliahan dan menerima informasi juga akan terus terjaga. Namun demikian, tidak serta merta dan semua
peserta didik memiliki semangat dan konsistensi minat yang sama pula. Masingmasing peserta didik memiliki kualitas semangat dan minat yang berubah-ubah
seiring dengan kondisi eksternal yang mampu mempengaruhinya secara psikis. Untuk mengetahui perbedaan terhadap hasil belajar, metode yang digunakan
adalah eksperimen dengan disain faktorial 2 x 2. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan menyebarkan angket minat belajar dan lembar aktivitas belajar pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan tes hasil belajar
setelah semua materi pelajaran disampaikan kepada mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur, hasilnya menunjukkan a) terdapat
perbedaan minat belajar mahasiswa. Hasil hitung menunjukkan bahwa F: 13,216 > F : 4,05; b) tidak terdapat perbedaan aktivitas belajar. Hasil hitung menunjukkan bahwa F tabel
hitung  : 1,934 < F : 4,05; c) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil hitung menunjukkan bahwa F hitung tabel : 0,146 < F: 4,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan hasil belajar mahasiswa FKIP UMN Al-Washliyah melalui minat dan aktivitas belajar. tabel hitung

Published
2018-04-16