DEVELOPMENT OF THEMATIC LEARNING MODEL TO GROW EARLY CHILDHOOD KIDS

  • Sukmawarti, Nurhidayah UMN Al Washliyah
Keywords: tumbuh kembang anak, model pembelajaran tematik

Abstract

Masa usia dini merupakan masa keemasan pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga merupakan waktu yang tepat untuk menumbuhkembangkan semua potensi dirinya. Permasalahan yang ditemukan pada lembaga PAUD saat ini adalah belum optimalnya perkembangan anak. Salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan di PAUD. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengoptimalkan tumbuhkembang anak secara holistik integratif adalah model pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran tematik untuk menumbuhkembangkan anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model pengembangan Borg dan Gall. Tahap I dimulai dari studi pendahuluan, mengumpulkan data/informasi, mendesain model, dan melakukan revisi. Hasil yang diperoleh berupa pembuatan jaringan tema, dan desain model pembelajaran tematik. Pada tahap II dilakukan uji coba pemakaian model pembelajaran tematik melalui eksperimen. Dari hasil eksperimen diperoleh data perkembangan anak setelah penerapan model pembelajaran tematik lebih baik dari pada sebelum penerapan model pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran tematik mempengaruhi tumbuhkembang anak. Untuk itu disarankan kepada guru agar dapat menggunakan model pembelajaran tematik dalam rangka menumbuhkembangkan anak usia dini.

Published
2018-08-02