IMPLIKASI AKTIVITAS DAN KEHADIRAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Setiap peserta didik harus terlibat secara penuh baik fisik maupun psikis dalam kegiatan pembelajaran baik pembelajaran yang dilakukan dikelas maupun pembelajaran yang terjadi diluar kelas yang bersifat insidental. Dengan keterlibatannya secara penuh, berbagai informasi akan dapat diterima dan diproses dalam setiap kegiatan berfikirnya. Ketika kehadiran peserta didik menunjukkan konsistensi yang tinggi maka akan memberikan dampak terhadap kegiatan yang diikutinya. Aktivitas yang terjadi juga akan menunjukkan bahwa peserta didik kurang memahami materi yang telah dipelajarinya. Untuk mengetahui implikasi, metode yang digunakan adalah eksperimen faktorial 2 x 2 yang dilakukan di dua kelas berbeda. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar. Teknik Pengumpulan data dengan a) memberikan lembar aktivitas belajar kepada mahasiswa padaa saat pembelajaran, b) setelah pembelajaran selesai dilaksanakan secara keseluruhan, c) menyebarkan lembar ujian non tes pada saat evaluasi pembelajaran berlangsung. Hasil analisis data menggunakan analisis varians dua jalur adalah a) tidak ada pengaruh kehadiran belajar mahasiswa. Hasil analisis varians dua jalur menunjukkan bahwa Fhitung: 1.296 < Ftabel: 4,04; b) tidak ada pengaruh aktivitas belajar. Hasil analisis varians dua jalur menunjukkan bahwa Fhitung: 2.451 < Ftabel: 4,04; c) tidak ada interaksi antara aktivitas belajar dan kehadiran belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil hitung menunjukkan bahwa Fhitung: 0.182 < Ftabel: 4,04.