PERSEPSI SISWA TERHADAP PENERAPAN HIDROPONIK SEBAGAI MEDIA PENGHIJAUAN SEKOLAH DI SMA NURUL HASANAH, DELI SERDANG
Abstract
Masalah ketahanan pangan nasional merupakan masalah yang harus ditangani secara bersama. Tidak hanya mengandalkan pemerintah, namun harus didukung dengan keikutsertaan secara aktif masyarakat dimulai dari lini terkecil yaitu siswa. Lahan pertanian yang semakin sempit akibat beralihnya fungsi lahan pertanian menjadi daerah industri, budidaya hidroponik dianggap tepat untuk memanfaatkan lahan yang tersedia sebaik-baiknya, diharapkan dengan penelitian ini siswa mengerti tentang pertanian dengan metode hidroponik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tempat penelitian di SMA Nurul Hasanah, Deli Serdang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 35 siswa dan menggunakan metode skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan yaitu siswa mengerti dan mengetahui tentang hidroponik, serta persepsi siswa dalam pembuatan hidroponik sebagai media penghijauan lingkungan sekolah sangat setuju.