PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KORESPONDENSI MELALUI LESSON STUDY
Abstract
Pengembangan bahan ajar merupakan suatu cara atau jalan yang ditempuh yang sesuai dan serasi untuk menyajikan suatu hal sehingga akan tercapai suatu tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai yang diharapkan bertujuan mengantarkan sebuah pembelajaran kearah tujuan tertentu yang ideal dengan tepat dan cepat sesuai yang diinginkan. Pemilihan pengembangan bahan ajar melalui lesson study dikarenakan Lesson Study merupakan kegiatan yang dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning society) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri, baik pada tataran individual maupun manajerial lesson study memfokuskan pada materi atau bahan pelajaran yang dianggap penting dan menjadi titik lemah dalam pembelajaran siswa serta sangat sulit untuk dipelajari siswa. Tujuan Penelitian menghasilkan bahan ajar korespondensi melalui lesson study, mengetahui efektivitas bahan ajar korespondensi melalui lesson study dengan melihat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dilakukan pada uji kelompok besar populasi dan sampel pada penelitian kelas X SMK Al-Washliyah 3 Medan. Metode penelitian ini menggunkaan research and develovment Penelitian ini dihasilkan draf bahan ajar korespondensi melalui lesson study yang dapat meningkatkan hasil belajar korespondensi siswa, draf bahan ajar mendapatkan respon yang baik dari siswa kelas X SMK Al-Washliyah 3 Medan.Terdapat efek yang signifikan terhadap aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, dengan siswa yang tidak menggunakan bahan ajar melalui lesson study, media yang dikunakan adalah media video, kualitas bahan ajar koespondensi melalui lesson study termasuk baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil tes pengetahuan materi.