PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

  • Darmina Eka Sari Rangkuti, Darajat Rangkuti UMN Al Washliyah
Keywords: komunikasi matematis, pembelajaran kontekstual

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model contextual teaching and learning sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Karya Bhakti Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan mengambil dua kelas  secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 47 orang dimana kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol . Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis selanjutnya data dianalisis dengan uji t.  Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu: (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran secara konvensional; Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pembelajaran kontekstual dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Published
2019-02-12