PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

  • Ahmad Sukri Nasution, Darmina Eka Sari Rangkuti UMN Al Washliyah
Keywords: pengembangan bahan ajar, model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh bahan ajar yang valid, praktis dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek uji coba terbatas bahan ajar adalah siswa kelas VIII MTs Swasta PPK Salman Al-Farisi. Hasil penelitian berupa produk bahan ajar pada materi lingkaran di kelas VIII SMP. Validasi bahan ajar berdasarkan pada pendapat para validator yang telah diuji secara terbatas keterbacaan dan disimulasikan;dan bahan ajar dan instrumen penelitian telah diuji coba terbatas. Kepraktisan dianalisis berdasarkan: (1) observasi keterlaksanaan pembelajaran; (2) respon siswa. Efektifitas dianalisis berdasarkan: (1) ketuntasan minimum kemampuan pemecahan masalah siswa; (2) Keaktifan aktivitas siswa. Hasil menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berbasis masalah yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Kemampuan pemecahan masalah  siswa menggunakan bahan ajar berbasis masalah yang dikembangkan berhasil mengalami peningkatan dan indikator kemampuan pemecahan masalah paling meningkat adalah indikator kemampuan pemecahan masalah ketiga yaitu menguji penggunaan model atau rumus yang digunakan.

Published
2019-02-13