KETERKAITAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Siswa adalah orang yang terlibat langsung dalam dunia pendidikan dan dalam perkembangannya harus melalui proses belajar. Disiplin sekolah adalah usaha sekolah untuk memelihara perilaku siswa agar tidak menyimpang dan dapat mendorong siswa untuk berperilaku sesuai dengan norma, peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.Kuantitas pelanggaran yang dilakukan oleh siswa semakin bertambah dari waktu ke waktu. Berbagai jenis pelanggaran tata tertib sekolah yang sering dilakukan, misalnya banyaknya siswa yang bolos atau kabur pada waktu jam belajar, berkelahi dengan teman, terlambat datang ke sekolah, malas belajar, sering tidak masuk sekolah, tidak mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, merokok, dan lain-lain. Secara garis besarnya, banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh siswa akan berpengaruh terhadap kemajuan dan prestasi belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keterkaitan Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa Sekolah Menengah Atas. Hipotesis yang diajukan adalah adanya kaitan lingkungan sekolah dengan kedisiplinan siswa. Subjek penelitian berjumlah 65 orang siswa yang sudah dipilih berdasarkan kriteria yang dibutuhkan peneliti yaitu dengan mengambil seluruh populasi yang ada.Pengumpulan data dilakukan menggunakan dua jenis skala, yaitu skala kedisiplinan dan skala lingkungan sekolah dengan pemberian angket kepada sampel penelitian.Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment.