PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG
Abstract
Salah satu ruang lingkup matematika adalah geometri. Bangun ruang merupakan bagian dari geometri yang dipelajari di sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi materi bangun ruang cukup sulit memahaminya dikarenakan keterbatasan alat peraga oleh guru. Hal ini menyebabkan pemahaman siswa kurang dan hasil belajarnya rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes awal dan tes akhir. Media visualisasi yang dipergunakan adalah Geogebra sebagai alat untuk mempermudah memahami materi bangun ruang sehingga hasil belajar mengalami peningkatan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan visualisasi di dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika pada materi bangun ruang maka penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian eksperimen. Dengan menggunakan bantuan aplikasi Geogebra maka diharapkan ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang.