PENGGUNAAN REALITY MEDIA DALAM MENULIS BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis kalimat bahasa inggris menggunakan reality media pada siswa jurusan psikologi. Kemampuan menulis kalimat bahasa inggris yang berasal dari bukan jurusan pendidikan bahasa inggris mengalami kesulitan dalam membuat sebuah kalimat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan data siswa agar dapat mengetahui permasalahan siswa dan kemampuan mereka dalam menulis kalimat bahasa inggris menggunakan reality media. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester satu jurusan Psikologi Universitas Medan Area sebanyak 30 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data berbentuk observasi, wawancara langsung dan memberikan test kepada siswa. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu test latihan dan reality media. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa reality media atau gambar merupakan media yang sering digunakan oleh dosen untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat bahasa Inggris pada jurusan psikologi sebagai media gambar dengan menjelaskan dan memberikan gambar sebagai alat untuk menulis kalimat bahasa inggris sebagai kemampuan untuk menulis kalimat tersebut. Selain itu penggunaan gambar tergantung pada kemampuan dan inisiatif pengajar sendiri untuk menerapkan di dalam pembelajaran bahasa Inggris.