PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL GUIDE DISCOVERY LEARNING
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diberi model Guide Discovery Learning dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model Guide Discovery Learning sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Karya Bhakti Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan mengambil dua kelas secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 47 orang dimana kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol . Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis selanjutnya data dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pembelajaran Guide Discovery Learning dengan pembelajaran secara konvensional; Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pembelajaran kontekstual dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.