PELAKSANAAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA KULIAH PENDIDIKAN KEALWASHLIYAHAN PADA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UMN AL-WASHLIYAH MEDAN

  • Haidir, Muhammad Rapono UMN Al Washliyah
Keywords: Model, Pendidikan Karakter, Kealwashliyahan

Abstract

Pendidikan karakter adalah hal yang sangat penting ditanamkan kepada para mahasiswa, karena mereka adalah sebagai agent of change (agen perubahan) di tengah masyarakat. Karenanyapara mahasiswa tidak hanya dibekali berbagai pengetahuan saja tetapi perlu dibekali pendidikan karakter atau moral yang kuat. Agar saat mahasiswa terjun di masyarakat nantinya dapat menjadi teladan dan agen perubahan. Seperti kita lihat saat ini dengan kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi, dimana orang-orang pandai malah menyalahgunakan kepandaiannya untuk melakukan seperti korupsi, menjadi teroris, agen narkoba, pembunuhan, seks bebas, penista agama, penyebarluas berita hoaks, melakukan demo yang berbentuk anarkis, plagiasi karya orang lain, terlalu sibuk dengan media sosialnya sehingga lupa dengan kepedulian sesama dan lain sebagainya. Dengan dasar tersebut pendidikan karakter iniperlu ditanamkan kepada mahasiswa dengan menggunakan sebuah model pembelajaran yang akan diterapkan melalui mata kuliah Pendidikan Kealwashliyahan. Seiring dengan itu maka peneliti telah melakukan penelitian yang berjudul: Pelaksanaan Model Pendidikan Karakter Melalui Mata Kuliah Pendidikan Kealwashliyahan Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi FE UMN Al-Washliyah.Adapun metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik analisis yang bersifat kualitatif. Sedangkan tahapan kerja penelitian yang sudahdilakukan dimulai dari perencanaan, observasi, wawancara,pengolahan data, dan menganalisisnya sehingga menjadikan sebuah rancangan model. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil identifikasi ternyata pelaksanaan pendidikan karakter yang selama ini diterapkan dosen Kealwashliyahan tidak dilakukan secara berkelanjutan dan tidak menyampaikan secara sepesifik karakter apa yang akan diperolehnya. 2) Belum ditemukannya model pendidikan karakter yang dapat dijadikan sebagai panduan dan pedoman bagi dosen Kealwashliyahan ketika dalam melakukan pembelajaran. 3) Ditemukannya sebuah rancangan model pembelajaran pendidikan karakter pada mata kuliah Pendidikan Kealwashliyahan melalui kegiatan pendahuluan, inti pembelajaran dan penutup pembelajaran dengan menanamkan nilai-nilai karakter antara lain: disiplin, religius, jujur, cinta tanah air, toleransi, cinta damai, bersahabat/komunikatif, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa tanggung jawab, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, gemar membaca, kepedulian sosial, kepedulian lingkungan. Sehingga akhir penelitian ini akan lahir sebuah model pendidikan karakter yang siap untuk diterapkan pada mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Kealwashliyahan. Sedangkan ditargetkan luaran penelitian ini adalah berupa jurnal dan proseding.

Published
2019-09-28