ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI TEHADAP KINERJA DOSEN (Studi Kasus Pada Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Abstract
Dosen sebagai pendidik profesional dituntut memiliki keterampilan, pengetahuan dan kemampuan yang dalam kajian MSDM disebut kompetensi. Dengan kompetensi yang tinggi diharapkan dapat menghasilkan kinerja sesuai dengan standar yang dipersyaratkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi terhadap kinerja dosen dan jenis kompetensi yang paling mempengaruhinya. Hipotesis yang diajukan adalah kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja dosen. Populasi penelitian adalah dosen tetap UMN Al-Washliyah Medan. Jumlah sampel ditetapkan 47 orang (random sampling). Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian assosiaitif dengan pendekatan metode kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner berdasarkan pengukuran skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (uji R²). Data diolah dengan bantuan software SPSS. Hasil uji regresi menghasilkan persamaan Y = 1.126 + 0,179xKomp-Pedagogik + 0.195xKomp-Kepribadian + 0.488xKomp-Sosial + 0.106x Komp-Profesional,maka hipotesis alternatif (Ha) terbukti dan Ho ditolak. Hasil uji t, menjelaskan jenis kompetensi yang lebih dominan mempengaruhi kinerja dosen adalah “kompetensi sosial” yaitu sebesar 0.488satuan. Hasil uji F menjelaskan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional secara simultan dapat mempengaruhi kinerja dosen sebesar 5.486satuan. Kompetensi dapat menjelaskan kinerja dosen sebesar 43.1% sisanya 56,9% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini.