EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang efektifitas model pembelajaran missouri mathematics project terhadap kemampuan pemahaman matematis mahasiswa Pendidikan Matematika pada mata kuliah Geometri Analitik Bidang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasinya adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari populasi tersebut, terpilih secara random sampel, yaitu Kelas A yang berjumlah 35 orang mahasiswa dan dijadikan sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang merupakan tes berbentuk uraian yang terdiri atas 10 soal. Tes ini diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran missouri mathematics project. Dari data yang diperoleh dari hasil kedua tes tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran missouri mathematics project efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah Geometri Analitik Bidang. Hal ini terlihat jelas dari meningkatnya rata-rata kemampuan pemahaman matematis sebesar 9,0286 dengan standart deviasi 1,4849 pada pretes, menjadi 27,886 dengan standart deviasi 2,7841 pada postes. Peningkatan ini juga sejalan dengan hasil perhitungan rata-rata skor gain yang diperoleh mahasiswa sebesar 0,6105 dengan standart deviasi 0,079 yang mengindikasikan peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa berkategori sedang.