ANALISIS COPING STRESS DALAM MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING PADA MATA KULIAH STATISTIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada hubungan coping stress dengan motivasi belajar mahasiswa bimbingan dan konseling pada mata kuliah statistika. Instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur coping stress dan motivasi belajar adalah skala Likert. Coping stressr diukur berdasarkan bentuk-bentuk coping stress yaitu emotional focused coping dan problem focused coping, pada motivasi belajar diukur berdasarkan macam-macam motivasi belajar yaitu instrinsik dan ekstrinsik. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa bimbingan dan konseling serta sampel penelitian ini ada 57 orang. Analisis data yang digunakan adalah Korelasi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa coping stress memiliki korelasi dengan motivasi belajar dengan nilai r hitung sebesar 0,680 > r tabel 0,261. Dalam analisis ini r hitung bernilai positif maka hubungan kedua variabel bersifat berbanding lurus, yakni semakin meningkatnya coping stress maka akan meningkat motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah statistika, sebaliknya semakin menurun coping stress maka akan menurun motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah statistika.