HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA
Abstract
Proses pembelajaran di universitas yang merupakan lingkungan dan suasana baru bagi mahasiswa dalam menempuh pendidikan tinggi secara formal, setelah selesai dari sekolah menengah atas. Untuk memasuki lingkungan perguruan tinggi, mahasiswa dituntut untuk mampu menyesuaikan diri agar memiliki motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendekripsikan penyesuaian diri mahasiswa (2) motivasi berprestasi mahasiswa (4) menguji hubungan penyesuaian diri dengan motivasi berprestasi mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional populasi penelitian mahasiswa bimbingan dan konseling STKIP Budi Daya Binjai semester ganjil dengan sampel sebesar 90 mahasiswa. Adapun instrumen yang digunakan model skala likert dengan analisis deskriptif, dan regresi sederhana. Adapun luaran dari penelitan ini adalah prosiding. Adapun hasil penelitian yaitu: (1) penyesuaian diri mahasiswa berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 55,73 (2) motivasi berprestasi mahasiswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 73,23 (3) terdapat hubungan penyesuaian diri dan motivasi berprestasi.