THE EFFORTS TO IMPROVE OF STUDENTS’ COMMUNICATION ON PRONOUNCIATION OF INTERDENTAL FRICATIVE AND PALATAL AFFRICATE
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengucapkan perpuluhan fricative and palatal affricates danmengetahui suara
yang paling sulit untuk diucapkan dari kata kerja fricative and palatal affricates. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk
mengumpulkan data siswa agar dapat mengetahui permasalahan siswa dan kemampuan mereka dalam mengucapkan frase interdental dan palatal
affricate.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester satujurusanPendidikanBahasaInggris UMN Al Washliyahsebanyak30 orang. Data
yang digunakan dalam penelitian adalah data berbentuk observasi, wawancara langsung dan memberikan test kepada siswa. Instrument yang digunakan dalam
pengumpulan data yaitu test bacaanleksikal. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa Peningkatan kemampuan komunikasi siswa padapengucapan
interdental fricative dan dan palatal affricate yang terdiri dari frase /θ /, / ð /, dan / č /, / ĵ / dalam bahasa Inggris meningkat mencapai 40 % pada frase /θ / yaitu
frase dental frikative. Suara yang paling sulit untuk diucapkan oleh siswa di antara persedian frikatif dan palatal interdental yaitu suara dental affricate / č /,
/ ĵ / pada suara Church, Chuckle, Mortgage, Cottage, dan Package karena dipengaruhi oleh phonology dan vocabulary. Produksi bunyi konsonan palatal
affricate tidak jelas oleh penutur asli.