PENERAPAN KOLABORASI MEDIA INTERAKTIF PHET DAN POWERPOINT PADA PELAJARAN FISIKA SMA DI KOTA MEDAN

  • Rita Destini, Khairiah UMN Al Washliyah
Keywords: Kolaborasi Media Pembelajaran, PhET Interactive Simulation Project, Power Poin, Pelajaran Fisika SMA

Abstract

Fisika merupakan bagian dari sains yang mempelajari fenomena dan gejala alam secara empiris, logis, sistematis dan rasional yang melibatkan proses dan sikap ilmiah. Ketika belajar fisika, siswa akan dikenalkan konsep, asas, teori, prinsip dan hukum-hukum fisika. Siswa juga akan diajarkan untuk bereksperimen di dalam laboratorium atau di luar laboratorium sebagai proses ilmiah untuk menguasai konsep-konsep fisika. Banyak  permasalahan-permasalahan yang sering ditemukan dalam pembelajaran fisika, secara umum siswa menganggap fisika itu merupakan pelajaran yang rumit, sulit dipahami dan membosankan. Penggunaan media pembelajaran secara kreatif akan memperbesar kemungkinan bagi siswa untuk belajar lebih banyak, mengaplikasikan apa yang dipelajarinya, dan meningkatkan penampilan dalam melakukan keterampilan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan pembelajaran. Banyak media yang dapat digunakan oleh guru dalam mempelajari fisika agar siswa lebih mudah memahami dan menguasai konsep dari materi yang dipelajari, salah satunya yaitu dengan media pembelajaran interaktif menggunakan power point dan PhET interactive simulation project.Power point merupakan salah satu program Microsoft Office yang sangat popular dan banyak diminati untuk membuat suatu presentasi dengan fitur yang sangat elegan dengan galeri tampilan yang memungkinkan kita untuk dapat melihat hasil perubahan sebelum menetapkannya sebagai pilihan. PhET (Physics Education Tecnology) interactive simulation project merupakan sebuah simulasi interaktif mengenai fenomena- fenomena fisis berbasis riset yang dapat digunakan secara gratis (phet.colorado.edu). Dengan menggunakan media pembelajaran interaktif yang memadukan media berbasis software dan web/situs online yaitu power point dan PhET interactive simulation project, hasil pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa yang lebih bermakna dan tidak terlupakan. Hal inilah yang kemudian mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Power Point dan PhET Interactive Simulation Project Siswa SMA”. TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) pada penelitian ini adalah 4 yakni penelitian terapan formulasi konsep media dan metode pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka penelitian ini akan bekerja sama dengan guru fisika di tempat penelitian. Hasil penelitian akan dipublikasi pada Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA p-ISSN 2088-351X e-ISSN 2502 5457

Published
2019-10-01