AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN TEKNIK PENYAJIAN HASIL PENUGASAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar UMN Al-Washliyah. Penelitian dilaksanakan pada tahun akademik 2018/2019 melalui proses pembelajaran. Metode yang digunakan bersifat eksploratif yang laksanakan pada program studi pendidikan guru sekolah dasar UMN Al-Washliyah. Teknik mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan pada saat kegiatan pembelajaran dan evaluasi belajar berlangsung. Untuk melibatkan mahasiswa secara fisik dan mental baik didalam kelas maupun diluar kelas digunakan metode penugasan. Metode penugasan dimaksud adalah metode pembelajaran dimana dosen memberikan seperangkat tugas yang harus dikerjakan mahasiswa, baik secara individual maupun secara kelompok. Metode ini ditekankan/terletak pada penyajian hasil penugasan. Penyajian hasil penugasan menstimulasi mahasiswa terhadap aktivitas belajarnya dari biasanya. Penyajian hasil penugasan membuat mahasiswa menunjukkan kesiapannya dalam belajar. Penyajian hasil penugasan memotivasi mahasiswa membagi pengalamannnya khususnya sebagai guru dikelas. Semua mahasiswa (selain penyaji) memiliki kesempatan yang sama yakni dalam mengajukan pertanyaan kepada penyaji seperti mengkritisi ulasan materi hingga terjadi debat yang menunjukkan bahwa masing-masing berusaha mempertahankan argumentasinya. Aktivitas demi aktivitas belajar yang terjadi, ternyata, mereka mampu menunjukkan bahwa mereka menguasai materi yang telah mereka persiapkan, berani dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam tekanan waktu.