PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MAHASISWA PGSD UMN AL-WASHLIYAH
Abstract
Proses pembelajaran IPA harus mampu memberikan makna sehingga informasi yang diterima tidak mudah lekang dan hilang begitu saja dengan melibatkan mahasiswa secara fisik dan psikis. Pembelajaran IPA yang telah terjadi merupakan interaksi pendidik dan peserta didik yang dijembatani oleh materi belajar IPA dengan memanfaatkan media pembelajaran untuk kemudahan menerima dan mengolah informasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar IPA mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan bersifat kombinasi yaitu kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan melalui proses pembelajaran tahun akademik 2018/2019 pada program studi PGSD UMN Al-Washliyah. Nilai rata-rata hasil belajar IPA mahasiswa kelas H adalah 76,3571 dan nilai rata-rata hasil belajar IPA mahasiswa kelas I adalah 75,9088. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung: 0,703 < ttabel: 1,980 yang membuktikan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPA mahasiswa, yaitu hasil belajar IPA mahasiswa kelas H berbeda dengan hasil belajar IPA mahasiswa kelas I. Hasil belajar IPA mahasiswa kelas H lebih tinggi dari hasil belajar IPA mahasiswa kelas I.