HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP MATA KULIAH ILMU KEALAMAN DASAR DENGAN HASIL BELAJAR
Abstract
Persepsi negatif mempengaruhi minat dan motivasi siswa pada pembelajaran mata pelajaran IPA dasar. Ini berdampak pada hasil belajar mata pelajaran ilmu alam dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara persepsi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling di UMN-AW tentang mata pelajaran IPA dasar dengan hasil pembelajaran mata pelajaran IPA dasar. Variabel persepsi siswa diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala likert dan variabel hasil belajar siswa diperoleh dari nilai evaluasi pembelajaran. Sampel populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling di UMN-AW. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif dengan Pearson Product Moment menggunakan SPSS. Analisis data dilakukan dengan menggunakan koefisien korelasi bivariat dengan korelasi r sebesar 0,435 dengan signifikansi 0,015 (p <0,05). Ini berarti ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa Bimbingan dan Konseling di UMN-AW tentang mata pelajaran IPA dasar dengan hasil belajar mata pelajaran IPA dasar.