PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK
Abstract
Motode pembelajaran yang monoton dan tidak memperhatikan gaya belajar serta kercerdasan majemuk (multiple intelligence) adalah dasar dari permasalahan penelitian ini. Inovasi pembelajaran matematika yakni Pembelajaran kooperatif berbasis multiple intelligence diyakini dapat memberikan masalah dari solusi dari permasalahan di atas untuk mengoptimalkan hasil belajar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dan Penelitian ini, dibatasi pada materi kubus dan balok di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Budi Satria Medan. Subjek Penelitian menggunakan dua kelas yang akan diberi perlakuan pembelajaran kooperatif berbasis multiple intelligence dan pembelajaran biasa atau pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar dan lembar obsevasi pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pada materi kubus dan balok, hasil belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif berbasis multiple intelligence lebih baik dari pada hasil belajar matematika dengan pembelajaran biasa