STUDI KOMPARATIF BELANJA MASYARAKAT DI PASAR SENTRAL SIMPANG LIMUN DAN PASAR MINGGUAN DI JALAN GARU II
Abstract
Salah satu contoh sektor perekonomian di bidang informal adalah pasar. Pasar memiliki potensi untuk menjadi salah satu kumpulan usaha yang menghasilkan keuntungan secara langsung. Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur tempat usaha menjual barang dan jasa. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang. Pasar Simpang Limun merupakan salah satu pasar sentral di kota Medan. Pasar simpang limun berdasarkan klasifikasinya termasuk kedalam pasar tradisional. Selain pasar sentral, pasar mingguan juga termasuk kedalam pasar tradisional. Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual belinya hanya satu kali dalam seminggu. Salah satu pasar mingguan di jalan garu 2 yang memiliki hari pasar yaitu hari senin dan hari jum’at. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh nyata dalam penelitian ini dimana perbedaan harga yang mencolok akan mempengaruhi minat belanja masyarakat. Jarak tidak berpengaruh nyata dalam penelitian ini, disebabkan faktor harga jual dan penghasilan masyarakat berbeda-beda.