PENGARUH SERVICE EXCELLENCETERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASIONLINE GRAB (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KELURAHAN KAMPUNG BARU MEDAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Service Excellence Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Grab (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Kampung Baru Medan). Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan menggunakan metode survei, serta bersifat explanatory research. Populasi penelitian ini adalah Masyarakat Kelurahan Kampung Baru Medan yaitu sebanyak 1480 orang. Penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan purposive sampling dalam menentukan sampel dan didapat 43 sampel pada penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Uji kesesuaian dengan menggunakan uji t dilakukan untuk menguji pengaruh secara parsial antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil analisis diperoleh nilai t hitung untuk variabel Service Excellence (X) lebih besar dari nilai t tabel atau 6.817 > 2.019, kemudian terlihat pula bahwa nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0.05 atau 0.000 < 0.5 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X memiliki kontribusi terhadap variabel Y. Nilai R square sebesar 0.531. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 53.1%, sedangkan sisanya sebesar 0.469 atau 46.9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.