PENGARUH MODEL BELAJAR DEMONSTRASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DALAM BELAJAR FISIKA BAGI SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini dilakukan dalam rangka melihat pengaruh penggunaan model belajar demonstrasi dengan media macromedia flash terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Ada dua kelas diberi pengajaran berbeda yaitu menggunakan media macromedia flash sebagai kelas eksperimen dan pengajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Kedua kelas diberikan tes, dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan post test Populasi penelitian adalah 216 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Deli Tua. Sampel penelitian di ambil dua kelas dari populasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam bentuk tes pilihan
berganda sebanyak 30 soal. Lalu dilakukan analisis data dengan tehnik menghitung rata-rata skor, standar deviasi (simpangan baku), uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dengan variasi pembelajaran fisika menggunakan model demonstrasi memberikan perubahan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Skor rata-rata hasil belajar fisika siswa yang diajarkan model demonstrasi dengan menggunakan macromedia flash lebih baik dari pada skor rata-rata hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai t hitung > t tabel (5,37 > 1,671).