MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF T I P E STAD TERHADAP KETERAMPILAN MENULI S TEKS ANEKDOT
Abstract
Pada kurikulum 2013 kelas VIII dalam KD 4.2 disebutkan bahwa keterampilan menulis teks anekdot harus dicapai oleh siswa. Namun, kenyataannya siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menulis teks anekdot. Hal ini terlihat dari pengamatan peneliti dari hasil tulisan siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Di samping itu juga, bahwa tidak sedikit siswa yang merasa bosan dengan materi teks anekdot. Hal ini mengakibatkan nilai siswa pada pembelajaran menulis teks anekdot masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen one gruop pre-test dan post-test. Jumlah populasi sebanyak 106 siswa dan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penggunaan model kooperatif tipe STAD lebih efektif dalam menulis teks anekdot pada siswa kelas VIII MTs. Lab IKIP Al Washliyah..