PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang pengaruh strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada mata kuliah Matematika Ekonomi di Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. Hal ini dilakukan karena sesuai dengan pengamatan awal tim peneliti pada proses pembelajaran mata kuliah Matematika Ekonomi, bahwa terlihat rendahnya hasil belajar mahasiswa, sehingga mahasiswa cenderung sulit untuk mendapatkan nilai yang bagus pada dalam mata kuliah tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri atas beberapa kelas. Dari hasil pengacakan, terpilih 42 orang mahasiswa dari kelas A sebagai sampel penelitian, yang akan diberi strategi pembelajaran kooperatif. Setiap mahasiswa yang menjadi sampel diberikan sepaket tes hasil belajar yang berisi 5 (lima) soal berbentuk uraian yang berasal dari seluruh materi yang diberikan selama mata kuliah Matematika Ekonomi untuk mengukur seberapa besar tingkat penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan yang diberikan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif. Pada pretes, diperoleh rata-rata nilai hasil belajar mahasiswa sebesar 25,19 dengan standart deviasi 11,927. Rata-rata nilai hasil belajar ini meningkat pada postes menjadi 85,00 dengan standart deviasi 9,627. Dapat dilihat terjadi rata-rata peningkatan sebesar 21,50. Kemudian analisis data dilanjutkan dengan menggunakan statistik uji non parametrik, yaitu uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar mahasiswa untuk pretes dan postes, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif yang diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Ekonomi.