PENGGUNAAN ALAT PERAGA TUAS TERHADAP ANTUSIASME SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS

  • Rita Destini Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah
  • Lia Afriyanti Nasution Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah
Keywords: Alat Peraga, Antusiasme, Manajemen Kelas

Abstract

Dalam proses pembejaran, unsur proses belajar memegang peranan yang penting. Mengajar adalah proses membimbing kegiatan belajar. Kegiatan mengajar hanya bermakna apabila terjadi kegiatan pembelajaran. Setiap guru wajib memahami sebaik–baiknya tentang proses pembelajaran yang dialami murid, agar ia dapat memberikan bimbingan dan menyediakan lingkungan belajar yang tepat dan serasi bagi murid–murid. Alat Peraga Tuas adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran Keseimbangan dan Dinamika Rotasi. Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga tuas terhadap antusiasme siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan alat peraga tuas dapat merangsang antusiasme belajar siswa yang cenderung malas dan lamban didalam kelas, sehingga kegiatan kelas jadi aktif dan mengasyikan. Penggunaan alat peraga tuas memerlukan waktu yang relatif panjang sehingga dibutuhkan kemampuan guru dalam memahami manajemen kelas.

Published
2021-01-07