SEBUAH ANALISA FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UMN AL – WASHLIYAH MEDAN, TAHUN PELAJARAN 2019-2020 ( ANALISA STUDI PSYCHOLINGUISTICS )
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor penyebab yang mempengaruhi kesulitan berbicara dalam bahasa Inggris mahasiswa dalam Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini dilakukan bagi mahasiswa semester VA dan VH Tahun Akademik 2019-2020. Sebagai responden adalah 73 orang mahasiswa/i yang dipilih secara random. Hasil penelitian ini menunjukkan, ada delapan faktor yang mempenagruhi rendahnya kecakapan berbicara bahasa Inggris mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun Akademik 2019/2020. Kedelapan faktor itu adalah r endahnya perbendaharaan kata, tidak adanya tema berbicara Bahasa Inggris, lemahnya penguasaan tata Bahasa Inggris, pengaruh bahasa ibu, tekanan dalam bahasa Inggris, motivasi belajar, metode mengajar para dosen, silang budaya Bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris.