UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)

  • Rani Febriyanni STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
Keywords: PMR, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada materi ajar Kubus dan Balok dikelas VIII Pondok Pesantren As-Salam Serapuh Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ajar Kubus dan Balok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pondok Pesantren As-Salam Serapuh Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 orang siswa. Berdasarkan tes hasil belajar I, diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 46,87 % dengan 15 siswa mencapai ketuntasan belajar. Dengan melihat persentase klasikal belum mencapai > 85% maka siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Untuk memperbaiki pelaksanaan siklus I dilaksanakan tindakan siklus II. Pada tes hasil belajar II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 87,5 % dengan 28 siswa yang tuntas belajar. Dengan melihat persentase klasikal telah mencapai > 85% maka kelas ini dapat dinyatakan tuntas secara klasikal sehingga Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2021-01-07