GAMBARAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101886 KIRI HILIR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui gambaran kemampuan belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif learning pada siswa kelas V SD Negeri 101886 Kiri Hilir. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101886 Kiri Hhilir. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam belajar. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif dilapangan diperoleh bahwa kemampuan siswa SD negeri 101886 kiri Hilir mengalami peningkatan dari setiap pertemuan. Sehingga dapatlah disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD negeri 101886 Kiri Hilir melalui model pembelajaran kooperatif learning.