ANALISIS KONSELING GESTALTTEKNIK REFRAMING DALAM MENINGKATKAN KESADARAN DIRI PADA MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konseling gestalt dengan teknik reframing dalam meningkatkan kesadaran diri mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) untuk melihat peningkatanakan kesadaran diri mahasiswa. Penelitian ini memiliki subjek yaitu 17 mahasiswa bimbingan dan konseling semester V kelas siang Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Instrumen penelitian menggunakan observas, dengan scenario tindakan menggunakan siklus I dan siklus II. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan persentase dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dari persentase siklus I yaitu 60,94% dengan persentase siklus II yaitu 79,4%, mahasiswa diobservasi dengan aspek-aspek kesadaran diri dan diberikan konseling gestalt dengan teknik reframing melalui prosedur scenario tindakan serta mahasiswa menggambarkan keadaan yang ada pada dirinya, sehingga konseling gestalt denga nteknik reframing dapat meningkatkan kesadaran diri mahasiswa.