PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS YOUTUBE DI ERA NEW NORMAL
Abstract
Tujuan penelitian yaitu mengetahui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Youtube dan melihat respon terhadap pendidik dan tenaga pendidik terhadap penggunaan youtube.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penelitian tindakan kelas (Clasroom action research) Untuk mendapatkan hasil yang akurat maka peneliti menggunakan interview dan observasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan bahasa Inggris semester 7 dan biasa menggunakan youtube. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data tematik dengan instrumen berbentuk perencanaan, observasi, pengawasan langsung kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siklus 1 53% meningkat menjadi siklus II 78 % peningkatan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis youtube bagi mahasiswa pendidikan bahasa inggris UMN AW adalah dengan cara mengakses media informasi dan terdapat respond pendidik dan peserta didik dalam penggunaan youtube sebagai media alternative dalam pembelajaran bahasa Inggris yaitu respond positif dan negatif. Diharapkan dapat memotivasi para dosen dan mahasiswa untuk mengembangkan media interaktif berbasis youtube dalam pembelajaran bahasa Inggris.