PENERAPAN MEDIA BERMAIN BOWLING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP ANGKA PADA ANAK DITINGKAT DI TK/PAUD ADETIA TEMBUNG
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep angka dengan menerapkan media bermain bowling. Subjek penelitian adalah anak-anak yang berada di kelompok A PAUD Adetia. Objek penelitian adalah media bermain bowling, kemampuan mengenal konsep angka. Evaluasi berupa pretest dan posttest mengenai pengenalan bilangan, dengan indikator kemampuan pemahaman konsep bilangan. Perbedaan skor dianalisis menggunakan teknik statistik uji t. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan pembelajaran media bermain bowling, sedangkan kelas kontrol diajarkan secara konvensional. Hasil penelitian menunjukkan kelompok data kelas eksperimen berbeda dari kelas kontrol bentuk dengan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dimana thitung (3,74) > ttabel (1,74). Hasil penelitian disimpulkan bahwa media bermain bowling dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka.