PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap aktivitas belajar matematika siswa SMK Taruna Tekno Nusantara. Hal ini sejalan dengan adanya permasalahan dalam penelitian ini, yaitu masih rendahnya aktivitas belajar matematika siswa SMK Tekno Nusantara kelas X. Metode yang digunakan Quasi Eksperimen dengan desain Pretes-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Taruna Tekno Nusantara. Teknik Pengambilan sampel yaitu dengan cluster random sampling, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X TKJB (kelas eksperimen) menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sedangkan kelas X TKJC (kelas kontrol) menggunakan pembelajaran konvensional dengan masing-masing berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian lembar observasi dan LKPD. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa menjadi lebih aktif dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.