ANALISIS CAMPUR KODE DAN ALIH KODE PADA GURU DAN SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PONDOK PESANTREN ROBITUL ISTIQOMAH HURISTAK

  • Rahmat Kartolo Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sutikno Sutikno Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Eka ur Estetis Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: campur kode, alih kode, lingkungan sekolah

Abstract

Keragaman suku di Indonesia dengan wilayah yang luas membuat Indonesia memiliki ragam bahasa setiap daerahnya, salah satunya di Sumatera Utara provinsi dengan variasi bahasa bagi setiap suku yang ada di daerah tersebut. Hal tesebut juga berpengaruh dalam lingkungan formal seperti di sekolah dalam penggunaan bahasa. Lingkungan pendidikan sebagai lingkungan formal menuntut guru dan siswa berbahasa resmi dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Salah satunya di Pondok Pesantren Robitul Istiqomah (PPRI), penggunaan dua bahasa atau lebih untuk berkomunikasi dalam lingkungan sekolah sudah sangat biasa terjadi. Penelitian yang berfokus pada campur kode dan alih kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Pondok Pesantren Robitul Istiqomah merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan suatu keadaan secara objektif dalam suatu deskripsi situasi. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran suatu gejala atau suatu masyarakat tertentu.

Published
2021-06-21