MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA POWER POINT DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar yang lebih baik, model pembelajaran kontekstual berbantuan media power point atau model pembelajaran kontekstual tanpa bantuan media power point, (2) untuk mengetahui pada masing-masing hasil belajar, manakah yang memberikan aktivitas belajar yang lebih tinggi, model model pembelajaran kontekstual berbantuan media power point atau model pembelajaran kontekstual tanpa bantuan media power point. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, yang terdiri 2 variabel bebas yaitu model pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa, dan 1 variabel terikat yaitu aktivitas belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Hakim. Analisis butir soal pada tes hasil belajar dan konsistensi internal. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh 3,181 dengan α = 0,05 dan ttabel = 1,672 yang berarti thitung > ttabel dimana H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan kriteria disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dan aktivitas belajar matematika setelah diterapkan model pembelajaran.