PERANAN PODCAST AND GUESSING TECHNIQUE SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA BAHASA INGGRIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan penggunaan Podcast dan Guessing Technique untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dalam Bahasa Inggris. Kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris menurut penelitian terdahulu terbukti secara signifikan berhubungan dengan teknik-teknik pembelajaran yang digunakan guru didalam kelas. Dalam penelitian ini, penulis mengungkapkan permasalahan-permasalahan yang dialami mahasiswa sehingga dalam penelitian ini peneliti ingin mencoba memberikan alternative media baru yaitu podcast dan menggabungkannya dengan metode pembelajaran yang menyenangkan yaitu guessing technique” untuk mengatasi kebosanan siswa sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif dan juga menyenangkan.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Berdasarkan analisis data, penggunaan teknik menebak kata dengan menggunakan media podcast memiliki peranan yang significant dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan nilai T-test 15, 888 sedangkan Ttabel 2, 00 dari nilai tersebut dapat diambil kesimpulan teknik menebak dan Podcast dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.