KOLABORASI KONSRTUKTIVISME DENGAN DIRECT READING ACTIVITY THINKING PADA PROSES PEMBELAJARAN MASA PANDEMI
Abstract
Masa pandemic menjadi salah satu kejadian yang sulit dibayangkan terutama dalam pembelajaran, banyak hal yang terjadi dalam proses pembelajaran, terutama ketika pembelajaran berlansung daring, 60% mahasiswa mengalami kesulitan menganalisis hingga menguraikan materi yang diajarkan, sehingga banyak kelemahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan merumuskan proses pembelajaran yang tepat dengan mengkolaborasi konstruktivisme dengan Direct Reading Activity Thinking pada pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembanagan (research and development) dnegan menggunakan model ADDIE, pada tahun pertama ini akan dirumuskan melalui prototype model pembelajaran yang tepat untuk mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran yang tepat digunakan dalam pembelajaran masa pandemic dengan memberikan kesempatan membangun pemahaman dan memberikan beberapa pertanyaan yang mengaktifkan mahasiswa, langkah-langkah yang baru adalah 1) general description; 2) Environmentally based examples; 3)Eksploring Problems; 4)Argument dan 5)Assesment.