ASSESSMEN PADA PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING
Abstract
Proses pembelajaran sangat membutuhkan evaluasi kegiatan terutama dalam assessment kepada mahasiswa. Assesmen bukan hanya tergantung kepada olah pikir mahasiswa namun juga kemampuan mahasiswa berinteraksi dengan lingkungan sekitar baik teman ke teman, teman ke dosen atau individu ke dosen. Assesmen akan memberikan rasa puas kepada mahasiswa atas capaian dan hal ini menjadi gambaran keberhasilan dalam menyelesaikan setiap sudut setiap permasalahan diruang kelas. Tujuan penelitian ini menguraikan kemampuan dosen dalam memberikan assessmen pada proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menguraikan faktor-faktor assessmen dalam pembelajaran atau menjelaskan variabel yang telah diteliti melalui data-data yang diambil dari penelitian, kemudian dianalisis dan diambil suatu kesimpulan sebagai hasil penelitian. Dengan menggunakan instrumen angket dan kemudian akan mendeskripsikan hasil K-Means Cluster dan analisis faktor (pembuatan matriks) maka akan digunakan Barletts test sphericity dan Kiser-Mayer-Olkin (KMO) dari hasil SPSS 22 IBM for Windows dan mendesripsikan semua hasil sesuai dengan rumusan masalah yang diharapkan. Hasil yang diperoleh adalah assesmen masih sulit dilakukan oleh dosen, sehingga dosen harus mampu mengevaluasi kegiatan bukan hanya focus kepada kepada kemampuan kognitif namun kemampuan karakter mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran diruang kelas.