TUTORIAL DELIBERATIF LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA
Abstract
Pembelajaran online melalui kelas virtual menjadi hal yang wajib dilaksanakan karena pembelajaran tatap muka yang tidak dapat dilaksanakan. Model tutorial deliberative learning dapat diterapkan dalam pembalajaran online sehingga meateri yang dapat disampaikan dan menciptakan pembelajaran bermakna. Studi dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, uji statistik untuk menguji pengaruh dari model tutorial deliberative learning, dan didasarkan pada sumber kebenaran yang mengacu pada triangulasi data. Sample diambil dari populasi mahasiswa calon guru fisika di salahsatu fakultas pendidikan pada Universitas swasta di kota Medan. Perlakuan diberikan kepada rombongan belajar, dengan menerapkan dua model pembelajaran yang berbeda, yaitu deliberative learning pada kelas eksperimen, dan direct instruction pada kelas kontrol. Disebabkan banyak sample adalah 9 orang pada matakuliah fisika terapan. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif yang dilakukan dengan independent sample test, yang membandingkan kesamaan varians menggunakan Levene’s Test dengan df 16 dan interval perbedaan konfiden 95%. Berdasarkan nilai signifikan yaitu sebesar 0,761 menunjukkan lebih besar dari 0,05 (Sig>0,05) menunjukkan bahwa Ho diterime, dan tolak H1. Artinya adalah terdapat perbedaan yang signifikan terdahadap model pembelajaran. Model tutorial deliberative learning berpengaruh terhadap pembelajaran fisika terapan pada pembelajaran jarak jauh