PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) PADA SISWA KELAS XI SMK YPK MABAR
Abstract
Mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib di SMK/ Sederajat mempunyai implikasi bahwa mata poelajaran tersebut merupakan mata pelajaran penentu di SMK/ Sederajat. Namun, keberadaan mata pelajaran ini belum diikuti kemampuan yang oleh siswa SMK/ Sederajat. Hasil penelitian menemukan bahwa siswa SMK sulit dalam menemukan referensi ketika harus menulis karya ilmiah.Tujuan penelitian adalah meningkatkan pembelajaran menulis karya ilmiah bagi siswa SMK YPK Mabar, mengetahui validasi pemebelajaran ICT di SMK YPK Mabar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode Penelitian adalah Model PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Metode ini digunakan karena sesuai dengan kebutuhan siswa. Dalam penelitian ini hanya satu siklus, dari yang direncanakan 2 siklus, karena pada siklus 1 siswa mampu menaikkan nilai pembelajaranLuaran penelitian adalah jurnal Internasional bereputasi yaitu International Education Studies ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039 Published by Canadian Center of Science and Education.