KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATA KULIAH PSIKOLINGUISTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BLENDED LEARNING OLEH SEMESTER 5A PBSI UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH T.P 2021/2022

  • Fita Fatria Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Tiflatul Husna Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Metode, Blended Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapan metode blended learning sebagai upaya peningkatan pembelajaran mata kuliah psikolinguistik di masa pandemi pada semester 5A PBSI Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah T.P 2021/2022. Metode dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: pertama, lembar observasi yang merupakan alat untuk mengamati seluruh kegiatan proses serta pembelajaran mata kuliah psikolinguistik. Populasi dalam penelitian berjumlah 91 orang mahasiswa semester 5 FKIP program studi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 mahasiswa semester 5A yang diambil satu kelas. Pada tes awal diperoleh skor rata-rata 80,2 atau persentase penilaian hasil (PPH) sebesar 80,2%. Target pelaksanaan tindakan adalah rata-rata 80 secara individual dan klasikal. Target luaran dalam penelitian ini adalah jurnal nasional dan prosiding. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi dosen dan mahasiswa, serta civitas akademika dan semua pihak agar dapat menggunakan media pembelajaran yang ekonomis dan efisien secara efektif guna mencapai tujuan pembelajaran.

Published
2022-06-30