MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA EDMODO

  • Irham Habibi Harahap Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Dwi Novita Sari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Safrida Napitupulu Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Komunikasi Matematik, Edmodo, Siswa SMA

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dengan penerapan media Edmodo dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik pada siswa SMA Sains Plus Tahfidz Quran Al-Ammar Desa Medan Senembah Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan tersebut indikator-indokator variabel dalam penelitian ini dapat diukur dengan jelas dan dianalisis secara deskriptif untuk memperkuat analisa dalam membuat kesimpulan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Sains Plus Tahfidz Quran Al-Ammar Desa Medan Senembah Kabupaten Deli Serdang. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Sains Plus Tahfidz Quran Al-Ammar Desa Medan Senembah Kabupaten Deli Serdang dengan sampel adalah siswa kelas X. Instrumen penelitian adalah kemampuan komunikasi matematik dan lembar jawaban siswa Analisis data yang digunakan adalah uji t. Indikator kemampuan komunikasi yang diukur dalam penelitian ini adalah drawing, mathematical exprestion dan written tex. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan media Edmodo dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik pada siswa SMA Sains Plus Tahfidz Quran Al-Ammar Desa Medan Senembah Kabupaten Deli Serdang. Indikator  dari kemampuan komunikasi matematik yang sudah dapat dikuasai oleh peserta didik kebanyakan adalah aspek drawing. Respon siswa terhadap pembelajaran yang diajar dengan menerapkan aplikasi Edmodo adalah baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan agar menerapkan aplikasi Edmodo dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa sehingga pembelajaran matematika lebih inovatif dan menyenangkan.

Published
2022-07-01