REGULASI EMOSI PADA GURU PAUD DALAM MENYIAPKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN SELAMA MASA PANDEMI BAGI ANAK USIA DINI

  • Juli Yanti Harahap Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Rini Hayati Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Eryanti Lisma Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Regulasi Emosi, Pembelajaran Menyenangkan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dimana yang menjadi subjek dalam penelitian ini para guru yang mengajar di TK AZ Zikri yang berjumlah sekitar 5 orang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana regulasi emosi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) selama belajar dari rumah saat pandemi covid 19. Selama proses adaptasi belajar dari rumah dengan pembelajaran yang dilakukan secara online, salah satu yang menjadi perhatian adalah regulasi emosi guru. Berdasarkan wawancara yang dilakukan pada lima guru PAUD, guru mengalami hambatan yang membuat guru harus mengelola amarahnya agar tetap dapat mengajar dengan baik karena pembelajaran online ini dirasa cukup berat dibandingkan dengan mengajar anak usia dini secara langsung. Analisis data penelitian kualitatif ini adalah dengan mengumpulkan data dan dilakukan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan regulasi emosi yang dimiliki tergambar dengan baik dimana guru-guru PAUD memiliki kemampuan dalam mengatasi setiap permasalahan yang muncul dalam menyiapkan pembelajaran yang menyenangkan.

Published
2022-07-01