ANALISIS PENERAPAN BAURAN PEMASARAN BERBASIS SYARIAH PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Melisa Zuriani Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Sri Fitria Jayusman Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Bauran Pemasaran Berbasis Syariah, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti Analisis penerapan Bauran Pemasaran Berbasis Syariah Pada Keputusan Pembelian Di Toko Bintang Bromo Medan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas bauran pemasaran berbasis syariah dengan peningkatan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui berbagai jenis penerapan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari penentuan produk, harga, promosi, dan lokasi yang dilakukan berdasarkan prinsip syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data yang dianalisis adalah hasil wawancara, pengamatan langsung terhadap objek dilapangan dan melakukan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektifitas bauran pemasaran berbasis syariah yang dilakukan Di Toko Bintang Bromo Medan sudah cukup baik karena penerapannya dianggap tidak terlalu sulit dan sangat diterima oleh kalangan masyarakat. Prinsip syariah yang diterapkan oleh Toko Bintang Bromo Medan dalamĀ  transaksi jual beli sudah sesuai hukum syariah islam karena didalamnya tidak ada cara-cara yang batil dalam proses jual beli seperti praktik riba, ketidakjelasan dalam persetujuan jual beli, penipuan, pengukuran yang salah, pencurian dan lain sebagainya.

Published
2022-07-01