MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA MisYu CaTung

  • Nurdalilah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Haryati Ahda Nasution Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Desniarti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  siswa melalui pembelajaran kooperatif di kelas IV SD Swasta Pembangunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang  digunakan adalah Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas IV SD Swasta Pembangunan terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Jarimatika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yaitu observasi dengan daftar checklist dan dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh jumlah skor dalam dua siklus mengalami peningkatan. Pada siklus 1 jumlah skor pada aktivitas guru adalah 11,5 dalam kategori cukup baik, aktivitas siswa 45 dengan kategori cukup aktif, serta ketuntasan klasikal mencapai 61%. Sedangkan pada siklus II aktivitas guru berada pada kategori sangat baik dengan skor 19, kategori sangat aktif dengan skor 64 untuk aktivitas siswa serta ketuntasan belajar klasikal siswa yaitu 88%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dikelas IV SD Swasta Pembangunan Tahun Ajaran 2021/2022.

Published
2022-07-04