EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS 4 SDN 054905 KAB. LANGKAT

  • Saiful Bahri Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Nila Lestari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah terjadinya pandemic covid 19. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran daring terhadap mata pelajaran Tematik  Kelas 4  SDN 054905. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik analisis  deskriftif. Sabjek dalam penelitian ini adalah  seluruh SiswaSDN 054905 Kab. Langkat . Objek penelitian ini adalah melihat efektivitas pembelajaran daring . Merujuk dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi serta identifikasi hasil belajar siswa dari Semester Genap/Tahun Pelajaran 2019/2020) dan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 ( Semester Ganjil/ Tahun Pelajaran 2020/2021, identifikasi nilai akhir siswa menunjukan bahwa hasil belajar semester genap dengan sistem tatap muka  memiliki nilai renan nilai 76 – 97 dengan keriteria sangat efektif dan hasil belajar semester ganjil  menggunakan sistem Daring dengan  memiliki rentan nilai nilai 6585 dengan keriteria efektif, dari hasil identifikasi ini peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran daring efektif digunakan pada mata pelajaran Tematik walaupun jika dilihat rentan nilai pembelajaran tatap muka masih terlihat lebih unggul namun faktanya pembelajaran daring masih  efektif dalam mata pelajaran Tematik di kelas 4 SDN 054905 Kab. Langkat

Published
2022-07-05