EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS 4 SDN 054905 KAB. LANGKAT
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah terjadinya pandemic covid 19. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran daring terhadap mata pelajaran Tematik Kelas 4 SDN 054905. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik analisis deskriftif. Sabjek dalam penelitian ini adalah seluruh SiswaSDN 054905 Kab. Langkat . Objek penelitian ini adalah melihat efektivitas pembelajaran daring . Merujuk dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi serta identifikasi hasil belajar siswa dari Semester Genap/Tahun Pelajaran 2019/2020) dan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 ( Semester Ganjil/ Tahun Pelajaran 2020/2021, identifikasi nilai akhir siswa menunjukan bahwa hasil belajar semester genap dengan sistem tatap muka memiliki nilai renan nilai 76 – 97 dengan keriteria sangat efektif dan hasil belajar semester ganjil menggunakan sistem Daring dengan memiliki rentan nilai nilai 65 – 85 dengan keriteria efektif, dari hasil identifikasi ini peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran daring efektif digunakan pada mata pelajaran Tematik walaupun jika dilihat rentan nilai pembelajaran tatap muka masih terlihat lebih unggul namun faktanya pembelajaran daring masih efektif dalam mata pelajaran Tematik di kelas 4 SDN 054905 Kab. Langkat.